Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)
|
1.
|
Persyaratan Pelayanan
|
- Pasien membawa buku rekam medik dari ruang layanan Umum/Ruang lansia/Ruang MTbs
- Pasien rujukan dari desa /posyandu membawa buku KIA.
|
2.
|
Sistem Mekanisme dan Prosedur
|
- Petugas melakukan pengkajian data, diagnose gizi, rencana monev
- Petugas melakukan /memberikan permintaan diet pada pasien rawat jalan.
- Petugas melakukan permintaan diet untuk pasien rawat inap.
- Petugas memberikan penyediaan makanan dan pemberian label identifikasi pasien
- Petugas melakukan penyajian makan sesuai jam makan dan kondisi pasien
|
3.
|
Jangka Waktu Pelayanan
|
20 menit
|
4.
|
Biaya/ Tarif
|
Tidak ada biaya/tarif.
|
5.
|
Produk Pelayanan
|
Jasa layanan Gizi.
|
6.
|
Penanganan pengaduan, saran dan masukan/apresiasi
|
Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung melalui :
- No WA : 08980019322
- Email : pkm.balongbendo@gmail.com
- Kotak saran yang telah disediakan di Ruang tunggu Puskesmas
|
PENGELOLAAN PELAYANAN (MANUFACTURING)
|
1.
|
Dasar Hukum
|
- Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;
- Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 15/KEP/M.PAN/5/2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan
- Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14/KEP/M.PAN/5/2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
- Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 tentang pelayanan Puskesmas
- Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2005 tentang Pelayanan Publik di Propinsi Jawa Timur;
- Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 14 Tahun 2006 tentang Petunjuk Pelaksanaan perda Nomor 11 Tahun 2005 tentang Pelayanan Publik Propinsi Jawa Timur;
- Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 11 Tahun 2018 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sidoarjo;
- Peraturan Daerah Kabupaten Sdoarjo Nomor 6 Tahun 2018 tentang Peruahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 11 Tahun 2018 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sidoarjo;
- Peraturan Bupati Sidoarjo no 43 tahun 2016 tentang satndart pelayanan minimal Badan layanan Umum daerah Puskesmas
|
2.
|
Sarana dan Prasarana, dan/ atau Fasilitas
|
- Ruang kerja dengan pendingin ruangan
- Meja dan kursi kerja
- Komputer
- Printer
- Jaringan internet
- Kursi pasien
|
3.
|
Kompetensi Pelaksana
|
- Pegawai yang memiliki pengetahuan dan profesi dibidang pelayanan Gizi ( Nutrisionis).
- Pengawai yang mampu mengoperasikan komputer
|
4.
|
Pengawasan Internal
|
- Dilakukan secara berkala oleh Kepala Puskesmas;
- Dilakukan secara berkelanjutan
|
5.
|
Jumlah Pelaksanan
|
Maksimal 2 orang dalam ruang pelayanan Gizi .
|
6.
|
Jaminan Pelayanan
|
Pelayanan Gizi sesuai dengan SOP pelayanan dan pedoman Pelayanan Ruang Gizi.
|
7.
|
Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
|
- Pelayanan sesuai dengan perbub Sidoarjo no 43 tahun 2016 tentang standart pelayanan minimal badan layanan umum daerah Puskesmas.
- Permenkes no 43 tahun 2019 tentang Puskesmas
- Pelayanan bebas dari pungli/suap/gratifikasi
|
8.
|
Evaluasi Kinerja Pelayanan
|
- Secara berkala 1 bulan sekali dilaporkan melalui penangung Jawab UKM Esensial Puskesmas dan dibahas dalam minilokakarya bulanan.
- Evaluasi melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)
|